SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Kamis, 07 Mei 2009

MASUK SEKOLAH

"Din didaftarin sekolah ya? tanya Baba(ayah dalam bahasa Betawi) kepada Udin. "Ngga mau ah, ngga bisa", jawab Udin. Saat itu di tahun 1979 ketika usia Udin 7,5 tahun. Enyak(ibu dalam bahasa Betawi) dan Baba Udin ngga bisa ngebujuk Udin buat mau didaftarin. Udin akhirnya tidak bersekolah di tahun itu.
Udin belum mau bersekolah, masih suka main. Tapi ada yang beda yang Udin rasakan. Setiap pagi Udin melihat teman-teman mainnya pada berangkat ke Sekolah, dan hari-haripun terasa sepi. Hanya ketika teman-teman Udin pulang Sekolah, Udin baru bisa bermain lagi.
Tahun berikutnya saat mulai pendaftaran murid baru, sebelum ditanya Udin langsung bilang ke Enyak dan Baba buat didaftarin sekolah. Alhamdulillah akhirnya Udin bersekolah, walaupun agak terlambat. Saat itu tahun 1980, usia Udin sudah 8,5 tahun.
Udin masuk sekolah benar-benar dari nol. Belum bisa baca dan berhitung. Guru-guru kelas di kelas 1,2 dan 3 lah yang berjasa besar mengajar Udin membaca dan berhitung. Di kelas 3 Udin membacanya masih dieja "p-e-r=per, g-i=gi, pergi". Hadiah cubitan dari ibu Fartimahlah yang membuat Udin bertekad untuk dapat membaca lancar. Udin benar-benar lancar membaca di kelas 3.

0 komentar:

Posting Komentar